Berita Politik Unik & Aneh 

Virgin Galactic menjadi perusahaan antariksa komersial pertama dunia

Virgin Galactic menjadi perusahaan antariksa komersial pertama dunia

V9NewS – Virgin Galactic menjadi perusahaan antariksa komersial pertama dunia yang menawarkan wisata manusia ke luar angkasa. Wisata luar angkasa terdengar luar biasa dan inilah mimpi yang dikejar oleh perusahaan tersebut. Dilansir Telegraph, Jumat (28/7/2017), Spaceline komersial Virgin Galactic didanai oleh Virgin Group milik Sir Richard Branson. Tujuan perusahaan adalah mengirim wisatawan yang sangat kaya ke luar angkasa dalam beberapa tahun ke depan.

Didirikan pada 2004, tim tersebut mencakup ilmuwan, insinyur, dan desainer roket dari seluruh dunia. Penumpang Virgin Galactic akan berangkat dari Spaceport America, yang dibuka di New Mexico pada 2011.

erusahaan mengembangkan dua armada yang menunjang wisata luar angkasa tersebut. Pertama, WhiteKnightTwo, sebuah pesawat kargo bertenaga jet, akan mendaki ke ketinggian 50.000 kaki sebelum melepaskan SpaceShipTwo, sebuah pesawat ruang angkasa yang akan membawa penumpang pada bagian akhir perjalanan.

SpaceShipTwo akan melakukan perjalanan sekitar tiga setengah kali kecepatan suara, mendorong kendaraan dan penumpang ke luar angkasa. “Setelah motor roket telah dipecat sekitar satu menit,

pilot akan melepaskannya dengan aman. Setelah baru saja mengalami naik roket dinamis yang mendebarkan, transisi dramatis untuk diam dan tanpa bobot sebenarnya akan menjadi momen yang mendalam bagi astronot kita saat mereka melaju ke atas menuju ruang angkasa,” jelas Virgin Galactic. Para penumpang atau astronot amatir ini kemudian akan merasakan mereka seperti meninggalkan tempat duduk mereka menuju keadaan seperti tanpa gravitasi. Keseluruhan pengalaman ini diharapkan berlangsung dua jam.

Baca Selajutnya.

Lalu, begitu SpaceShip Two telah memasuki kembali atmosfer bumi, sayap kendaraan akan dikembalikan ke konfigurasi semula dan pesawat ruang angkasa akan meluncur kembali ke landasan pacu semula.

Kabarnya, armada luar angkasa itu bisa membawa enam penumpang dan dua pilot. Sekadar informasi, Virgin Galactic akan membawa penumpang ke ketinggian 110km (68 mil) ke tepi angkasa. Ketinggian tersebut berada di atas garis Karman (ketinggian 100km), yang merupakan batas antara atmosfer Bumi dan luar angkasa.

Branson pada awalnya berharap Virgin Galactic membawa wisatawan ke luar angkasa pada 2011, namun kini ia menolak memberikan tanggal peluncuran yang pasti. “Kami berhenti memberi tanggal,” katanya kepada The Telegraph.

Lebih lanjut ia mengatakan, dirinya bisa sangat kecewa bila Virgin Galacic tidak membawa manusia ke luar angkasa dengan uji coba yang dilakukan hingga akhir tahun. Terkini, pada awal Mei 2017 tepatnya, uji coba terbang SpaceShipTwo diklaim berhasil untuk pertama kalinya. Kru beserta mesin pesawat selamat dan kembali mendarat dengan aman. Kabarnya, biaya perjalanan wisata luar angkasa itu mencapai USD250 ribu atau sekira Rp3,2 miliar. Ada 700 orang yang telah mendaftarkan diri, termasuk beberapa para selebriti ternama di dunia.

Imformasi Di persembahkan oleh : V9NewS

Related posts

Leave a Comment

Shares